Retreat

Retreat
Paskah 7 April 2010

Golden Bridge

Kumpulan ide-ide kreatif yang dibangun untuk membangun masa depan pemuda yang semakin disukai Allah dan manusia.

Selasa, 04 Mei 2010

Masalah Kemanusiaan

MASALAH KEMANUSIAAN DAN FUNGSI AGAMA
Pemikiran agama banyak difokuskan kepada siapa manusia, asal usulnya dan tujuan hidupnya.dalam hal ini manusia dalah sentral pembicaraan agama-agama dan merupakan obyek agama.fungsi agama dalam membicarakan manusia dalam sejarah kejadian-kejadian penting didunia dimana harkat dan martabat kemanusiaan dipertaruhkan.
Dewasa ini persaingan dan pertarungan agama-agama masih terjadi baik dalam pusat kehidupan modern maupun wilayah terbelakang dan miskindan penuh gejolak karena itu agama dituntut untuk bergandengantngan dalam hal ini sikretis dalam menyelesaikan masalah kemanusiaan yang semakin kacau akibat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kita perlu lagi emikirkan sikap apriori dan sikap berpandangan negaif terhadap agama lain. Kita perlu kembali melihat inti iman Kristen sesuai situasi dialogis sekarang dan membicarakannya dalam dialog yang baru.
Zaman emansipasi manusia tidak ada satu agama yang hegemoni agama yang diakui. Semuanya unik. Pembicaraan manusia ada kaitan tiga hal yakni pertama, Yesus sebagai manusia sejati, kedua kerajaan Allah sebagai orientasi Yesus.
Ketiga peristiwa salib merupakan pola etika Kristen.
a) Yesus sebagai manusia sejati. Yesus dalah penjelmaan Allah yag peduli terhadap masa depan manusia.
b) Kerajaan Allah selaku wujud konkret dari persekutuan kemanusiaan yang sudah diperbarui dan didamaikan Allah.
c) Yesus mengambil resiko untuk memakhlumatkan dan mengambil resiko dalam menyatakan kerajaan Allah yang merupakan harapan manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar