Retreat

Retreat
Paskah 7 April 2010

Golden Bridge

Kumpulan ide-ide kreatif yang dibangun untuk membangun masa depan pemuda yang semakin disukai Allah dan manusia.

Senin, 03 Januari 2011

PENTINGNYA MASA ANAK-ANAK




Ada anggapan bahwa pola kepribadian dasar seseorang terbentuk pada tahun-tahun kehidupannya. Adanya pengalaman-pengalaman yang kurang menguntungkan dapat menimpa diri seorang anak pada masa mudanya akan menimbulkan masalah gangguan penyesuaian diri kelak dikemudian hari.
Beberapa hal penting yang dapat mempengaruhi dasar kepribadian diri anak antara lain:
a. Macam dan kwalitas hubungan antar manusai, terutama antara anak dan Ibu di mana melalui hubungan timbal balik sehingga terjadi perangsangan mental, proses sosialisasi dan pengembangan kehidupan emosi. Seperti dalam Titus 1:6-9.
b.Makin kaya dan bermakna hubungan antar manusia tersebut, kemungkinan terjadinya pemiskinan emosi yang akan berakibat buruk pada perkembangan anak, akan dapat dihindari. Seperti dalam I korintus 1:12.
c. Metode pengasuhan yang diterapkan di rumah.
Biasanya suatu cara pengasuhan anak di rumah merepleksikan harapan-harapan dan sikap-sikap tertentu dari orang tua. Hal ini berpengaruh pada perkembangan anak; misalnya pengasuhan yang menitik beratkan pada sikap terlalu melindungi akan berakibat buruk bagi anak. Demikan juga dengan sikap-sikap orang tua yang menuntut kesempurnaan dalam segala hal dapat mengakibatkan anak memberontak. Seperti dalam I Timotius 5:10.
Jadi titik tolak dari pentingnya masa anak-anak ini sebagai masa bertumbuh kembangnya aspek dan fungsi yang ada dalam diri anak.

Oleh Ezra Tari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar