Retreat

Retreat
Paskah 7 April 2010

Golden Bridge

Kumpulan ide-ide kreatif yang dibangun untuk membangun masa depan pemuda yang semakin disukai Allah dan manusia.

Rabu, 08 Juni 2011

Kepemimpinan

Pemimpin dan manajer, terutama pemimpin paling atas dan top manajer, merupakan faktor penentu dalam suskses atau gagalnya suatu organisasi dan usaha. Baik di dunia bisnis maupun di dunia pendidikan, pendidikan, kesehatan, perusahaan, religi, sosial, politik, pemerintahan Negara dan lain-lain. Kualitas pemimpin menentukan keberhasilan lembaga atau organisasinya. Sebab pemimpin dan manajer yang sukses itu mampu mengelola organisasi bisa mempengaruhi secara konstruktif orang lain, dan menunjukkan jalan serta perilaku benar yang harus dikerjakan bersama-sama.
Pemimpin harus mampu mengantisipasi perubahan yang tiba-tiba, dapat mengoreksi kelemahan-kelemahan dan sanggup membawa organisasi kepada sasaran dalam jangka waktu yang sudah ditetapkan. Ringkasnya pemimpin dan manajer mempunyai kesempatan paling banyak untuk mengubah jerami menjadi emas atau sebaliknya mengubah tumpukan uang menjadi abu. Jika dia salah langkah dan tidka bijaksana dengan menghubungkan dengan manajemen kunci bagi suksesnya bisnis sedangkan kepemimpin menjadi kunci pembuka bagi suksesnya organisasi.
Perspektif baru di dunia modern dan kehidupan demokrasimenstimulir setiap individu untuk berpartisipasi aktif dalam semua kegiatan berorganisasi dan aktivitas hidup dan ikut memikul tanggung jawab sosial yang lebih besar. Setiap orang diharapkan bisa memikirkan,menerapkan dan menilai kembali kontribusi sosial masing-masing dalam kehidupan bersama. Dengan begitu proses evakuasi diri selaku warga Negara yang didukung oleh kesadaran yang dalam. Perkembangan kreativitas dalam kehidupan bersama untuk menciptakan budaya dan benda-benda budaya.
Kerja kolektif adalah hal yang dibutuhkan dalam kepemimpinan dan pemimpin untuk mengifisienkan setiaplangkah dan kegiatan. Hanya pemimpin yang kooperatiflah yang mempu menjamin kesejahteraan lahir dan batin masyarakat luas. Pemimpin mengajak dan menggerakkan orang lain untuk melakukan sesuatu. Jadi keberadaan pemimpin selalu ada ditengah-tengah kelompoknya.
Analisis Kritis
Pemimpin merupakan produk interaksi antara sifat karakteristik individu dan situasi zaman sehingga kepemimpinan pada zaman sekarang adalah interaksionis dengan mengembangkan manajemen konflik. Dengan konflik yang wajar mencerminkan adanya demokrasi, dinamis dan akses diri dengan demikian dapat membantu pertumbuhan organisasi. Seorang pemimpin yang baik yakni dapat mengelola organisasi baik ekonomi maupun sosial.
Setiap organisasi berhasil terletak pada pemimpin dan kepemimpinannya, di mana bawahan merupakan perpanjangan tangan pemimpin dalam melaksanakan ide, strategi dan kebijakan. Seorang pemimpin harus bijaksana dalam melaksanakan tugas dan penuh rasa kemanusiaan. Pemimpin yang baik dalam kepemimpinan tidak menyimpang dari aturan, tingkah laku dan keadaan sosial angotanya. Bagi calon pemimpin seharusnya ada training kepemimpinan guna member pembelajaran kepada generasi muda supaya dapat menjalankan kepemimpinan dengan baik bukan hanya membaca buku bacaan saja atau ceramah namun harus di supervisi ketat bagaimana kepemimpinannya.
Seorang pemimpin itu harus peka terhadap kritikan dari berbagai pihak yang dipimpinnya. Dalam kepemimpinan seorang pemimpin harus menjalankan etika sebagai seorang pemimpin yakni bagaimana mengatur, memimpin, mengelola, mengarahkan dan bertanggungjawab terhadap organisasi yang dipimpinnya. Sehubungan dengan etika profesi kepemimpinan yakni mengenai kewajiban pemimpin, tingkah laku yang baik, moral pemimpin maka setiap kekuasaan dan wewenang pemimpin harus dilandasi dengan asas keadilan dan kebaikan diarahkan pada penciptaan syarat-syarat untuk mencapai kebahagiaan dan kesejahteraan masyarakat luas.

Ezra Tari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar