Retreat

Retreat
Paskah 7 April 2010

Golden Bridge

Kumpulan ide-ide kreatif yang dibangun untuk membangun masa depan pemuda yang semakin disukai Allah dan manusia.

Minggu, 12 September 2010

Nama Mahasiswa : Ezra Tari
Kelas : C
Angkatan : 2004
Mata Kuliah : PWGA

Judul Buku : Psikologi Anak Bermasalah
Penerbit : BPK Gunung Mulia
Pengarang : Dra. Ny. Singgih Gunarsa
Jumlah Halaman : 112 (1-112)


Tanggapan Terhadap Buku:

Analisis Kritis:
Dalam merencanakan segala sesuatu yang anak hadapi, orang tua perlu membantunya supaya anak dapat membagi waktunya. Perhatian dari orang tua sangat penting terhadap kemampuan anak selain itu anak membutuhkan perhatian lebih dalam menyelesaikan setiap masalahnya. Anak yang nakal, suka membolos, mencuri, kabur dan kenakalan yang lain menyebabkan orang lain dirugikan, dijelaskan dengan gamblang bagaimana orang tua menghadapi situasi ini terhadap anaknya. Buku ini mengungkapkan persoalan yang disanasini sangat mempengaruhi perilaku anak. Dimana prestasi anak dapat disekolah dilihat dari kehidupannya dirumah. Orang tua sangat susah ketika anak mereka sangat nakal, apa penyebabnya? Perhatian utama dan pendekatan yang intensif dari orang tua sangat menjadi hal yang sentral dalam keluarga.

Nilai Pengembangan Wawasan :
Dengan perhatian dan hubungan yang akrab akan membangun kepribadian anak. Hubungan yang akrab dengan ibu, bapa, anak dan guru sangat menjadi nilai hidup anak dalam mengembangkan kepribadian. Serta anak akan aman dengan kesatuan dalam keluarga dimana anak akan aman dalam bimbingan dan asuhan sang anak.
Orang tua harus lebih berhati-hati dalam mengeluarkan ucapan saat anak ada. Anak dalam bergerak perlu diberikan ruang gerak dan kesempatan melatih diri namun ia memerlukan pengawasan. Anak melakukan yang buruk demi mencari perhatian orang tua yang sedang sibuk. Guru sangat besar peranannya terhadap sikap anak karena Guru adalah idola sang anak di sekolah. Perilaku orang tua, guru dan teman sebaya memberikan pendidikan bagi anak dalam hal yang baik akan membentuk anak yang sehat serta berkelakuan baik. Sebab anak sangat bergantung pada orang yang dekat dengannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar