Retreat

Retreat
Paskah 7 April 2010

Golden Bridge

Kumpulan ide-ide kreatif yang dibangun untuk membangun masa depan pemuda yang semakin disukai Allah dan manusia.

Selasa, 14 September 2010

SEJARAH BERDIRINYA GEREFORMERDEZENDINGSBOND
A. Berdirinya gzb
Lembaga bzb didirikan tanggal 6 february 1901 di kota Utrecht dalam lingkungan hermormde kerk.
Dalam ada dirumuskan asa dala pasal 4 brbunyi gzb bertolak bahwa Alkitab adalh firman Allah yang tidak dapat salah yang didalamnya terkandung seluruh rencana Allah seperti yag diungkapkan dalam ketiga pasal keesaanhervormde kerk yaitu katekismus Heidelberg, pengakuan iman belanda dan kelima pasal melawan remostran. Asas gzb yakni jemaat-jemaat hervormde kerk yaitu majelis jemaat yang mewakilinya secara sah, perkmpulan yang memiliki kedeudukan hokum dalam lingkungan hervormde kerk sertamembuktikan bahwa mereka mutlakmenyetujui tujuan dan dasar gzb.
B. Propaganda
Selama tahun pertama gzb merupakan perkumpulan kecil. Sepanjang gzb berdiri tiga saran dalam memperkenalkan kegiatan pekabaran injil ceramah-ceramah, cabang-cabang serta komisi-komisi, dan majalah sertasarana lain adalah korespondensi selebaran berisi propaganda kotak pengumpulan dana dan majalah zending untuk anak.
C. Kegiatan dibidang penerbitan
Tahun pertama mampu membiayai penerbitan namun tahun 1907, gzb mulai menerbitkan majalah sendiri yang bernama Alle den volcke, tahun 1913 majalah tersebut mlai banyak memuat karangan yang bersifat umum yang utama dalam majalah itu adalah berita pelaporan dari medan pelayanan rubric tetapdimuat adalah reenunganberita dari cabang-caabang danlaporan keuangan.
D. Pertumbuhan gzb dan usaha membina kesadaran jemaat
Sesudah dua tahun berdiri jumlah anggota gzb mencapai 125 0rang, pada tahu 1908 jumlah anggota sebanyak 500 orang. Lambatnya perkembangan disebabkan oleh struktur rohani dalamkehidupan dibanyak jemaat yang sealiran dengan gzb. Dijemaat terdapat suasana kepasrahan yang hanya menantikan tindakan Tuhan.
E. Dasawarsa pertama berdirinya gzb belum berhasil ditemukannya calon utusan dan belum cukup biaya. Gzb kedaerah orang toraja sa’dan disulawsi tengah. Tokoh pi utama adalah J.W.gunning dan N Adriani.
Van de loostrech diizikan masuk tanggal 22 desember 1913 untuk underafdeling rantepao dan palopo dalam afdeling luwu serta aonderafdeling mamuu dalam afdeling mandar. Tahun 1914 van de loostret meminta daerah ma’kale serta onderafdeling majene binuang dan balanipa dalam afdeling majene. Tahun 1928 ketiga onderafdeling disulbar diserahkan pada czgk akhirnya medan pelayanan bzb meliputi afdeling luwu yakni onderafdeling ma’kale, rantepao, palopo dan masamba dan sebagian kecil onderafdeling enrekang dalam afdeling pare-pare. Medan kerja gzb meliputi daerah orang toraja sa’dan, selatan dan utara kota palopo dan daerah rongkong –seko.
F. Resort-resort dan bidang pelayanan
Van de loostrecht memegang daerah sekitar rantepao dan palopo dan rongkong. Tahun 1917 diserahkan kepada j belskma. D.c prins dating membentuk resort ma’kale (1915), tahun 1920 P.Zijlstra nama resort berubah menjadi ma’kale sanglla’. Tahun 1926 resort diperluas dengan landschap Alla’ dalam onderafdeeling emnrekang. Tahun 1928 H.Pol dilarang mendirikan resort rembon. Pada tahun1928 resortnrongkong dipegang oleh H.J van weerden yang meliputi onderafdeling masamba.
G. Kegiatan pendidikan guru-guru sekolah, guru-guru jemaat dan guru injil
Pada tahun 1915 van deloostrecht bersama dengan seorang guru dari minahasa, sudah mendidik empat anak. Pada taun 1917 didirikan sekolah pendidikan guru dirantepao (barana) sekoalh ini dipimpin j belskma. 1918 menghasilkan dan ditutup. 1920 dibuka dengan status normalcursus sampai tahu 1942. pada tahun 1949 zending mebuka normalschool. Tahun 1949 gereja toraja membuka sekoah guru atas di rantepao.
H. Pedidikan dasar dan kejuruan
Tahun 1914 van de lostrect membuka sekolah rakyat didaerah rantepao. Pada bulan November 1930 sekolah-sekolah ini berjumlah 73 buah dengan 134 guru dan 7546 orang murid. Tahun 1938 panitia para istri pekabar injil mendirikan sekolah kepandaian putrid dirantepao yang dipimpi oleh J.M eggink. Tahun 1949 sending mendirikan sekolah teknik pertama di barana’
I. Pelayan dibidang kesehatan
Para pekabar injil telah dieakali dengan dasar dibidang medis tahun 1918 merencanaan pengutusan seorang tenaga ahl dibidang medis tahun 1925 H.Pol dating ketoraja sebgai mantra perawat
J. Pelayan dibidang kemasyarakatan
Mereka kerjsama degan pemerintah memperkokoh perkawinan dan menciptakan perkawinan yang lebih baik. Tahun 1930 kegiatan wanita aru dijalankan pada tahun 1941 tamatan sekolah kepandaian putridiagkat menjadi pekerja social kampung.
K. Karya-karya van der veen dibidang bahasa
1940 muncul kamus bhasa taek – belanda dan terjemahan injil Lukas pb tahun1951, alkitab kseluruhan 1960 didapingi oleh l. pakan dan j.tammu.
L. Para pekerja sending
1. utusan injil bangsa eropa
tahun 1942 empat golonn utusan injil eropa yangdisebut : zendeling – leeraar (utusan pekabar injil), zendeling – onderwijzer (utsan guru), zendeling- arts (utusan dokter), zendeling deacon ( utusan mantra perawat)
2. tenaga zending orang Indonesia
bulan November tahun 1913 van de lostrecht membawa orang minahasa tahun 1918 normaal cursus menghasilkan guru suku toraja.
M. Konferensi para sendings
Tahun 1916 jumlah utusan gzb bertambah menjadi tiga orang. Tahun 1942 rapat konferensi dihadiri oleh semua orang. Tahun 1947 dibentuk seksi dalam kegiatan gerejawi. Passal 2 ad menegaskan “konferensi memegang pimpinan umum karya pi. Pasal 7 menyatakan tidak seorangpun seorang anggota konferensi berwenang untuk dalam resornya konferensi dan utusan para masing-masing yang mengangkat dan memberhentikan tenaga gzb bngsa Indonesia keputusan konferensi wajib dilaksanakan setiap anggota.
Tahun 1928 ketua wajib mengambil keputusan diluar konferensi.
PERATURAN ADAT TAHUN 1932

Peraturan gaji baru. Keadaan keuangan hindia yang kurang baik berakibat lambatnya tunjangan bagi pegawa dan guru dihapuskan. Pada tahun 1923 konferensi setelah bermusyawarah dengan pejabat-pejabat pemerintahan menyusun pengaturan gaji guru yang lebih baik. Dan dipandang cukup untuk guru.
Pada tanggal 2 april hari senen paskah dibaranak dilaksanakan rapat umu orang Kristen yang dihadiri oleh orang-oarang Kristen dari makale yang dalam jumlah terbesar dan beberapa orang calon baptis kira-kira 500 orang pengunjung. Dalam persetujuan rapat terdiri dari 15 orang dengan tugas menyusun rancangan peraturan adat dan mempertimbangkannya. Dalam komisi ini ada duduk : ketiga pekerja zending dari eropa, tiga orang menado, tiga orang ambon, dan tiga guru toraja berikut tiga penatua.
Pada tanggal 19 april komisi mengadakan rapat dan merundingkannya serta disetujui di rapat umum di sangalla’ tanggal 24 juni.
Tentang adat mengenai orang mati (penguburan jenazah)
Orang mati boleh ditempatkan dalam liang, boleh dikubur dalam tanah, sebaiknya orang mati dikubur segera tetapi jika ada keluarga yang jauh boleh ditunggu. Tetapi bau busuk mayat bisa menyebabkan orang sakit.
Jadi apakah segera dikubur atau ditangguhkan terserah keluarga bersangkutan kedua cara tersebut bukanlah dosa dan tidak boleh menjadi pertengkaran.
Pada upacara penguburan boleh dipotong kerbau babi ratap tangis dan bernyanyi tidak dilarang. Tidak mempersembahkan kurban kepada arwah orang mati.
Tidak keberatan kalau bala’kayan (pelataran tempat daging untuk dibagikan) didirikan demikian simbuang (batu nisan). Teramat penting yaitu kebersihan.
Meratapi si mati dan melagukan nyanyian-nyanyian dukacita bukanlah dosa, melainkan tidak menempatkan saudara diatas Tuhan seolah-olah berkuasa.
Tetapi jangan menggunakan nyanyian orang kafir ubahlah itu dengan istilah Kristen muliakan nama Tuhan. Tidak salah memakai pakaian berkabung warna hitam, tetapi itu bukanlah wajib.
Orang-orang Kristen tidak usah mengikuti larangan makan nasi selama masa berkabung, saudara boleh makan nasi atau jagung.
Jenasah boleh dibungkus dalam kain tetapi saudara tidak boleh memanggil seorang to mebalun ( juru benah jenasah ). Tidak boleh mempersembahkan babi untuk to mebalun.
Menempatkan jenazah dengan sikap bersandar pada dinding rumah diperbolehkan tetapi diberi rupa-rupa perhiasan seperti perhiasan emas perak kain mahal-mahal.
Apabila saudara berada dalam rumah orang berkabung dan penghuninya tidak makan nasi sebaiknya jangan makan nasi supaya tidak menyinggung perasaan.
Tau-tau ( boneka, patung si mati ) tidak boleh dibuatkan juga tidak boleh diberi kurban , melagukan nyanyian dukacita untuk boneka itu tidak boleh.
Jangan datang bertamu pada malam hari ditempat-tempat orang meyanyikan lagu dukacita (meratap) tanpa ditemani zendeling guru atau penatua. Supaya jangan tergoda.
Kuburan yang digali ditanah dan diliang sama-sama baik mengubur jenasah orang Kristen dalam kuburan orang kafir tidak dilarang. Memugar dan merawat kuburan boleh. Tetapi jika menyelenggarakan pesta orang mati yang sudah bertahun-tahun tidak boleh ikut.
Apabila saudara memotong kerbau dan babi saudara jangan membagikannya menurut gaya orang kafir, tetapi orang miskin jangan dilupakan.
Apabila saudara merayakan pesta kematian dan orang memberi sumbangan kerbau tidak salah menerimanya apabila sipemberi kelak berpesta saudara nanti menyumbang kerbau pula artinya tolong-menolong.
Apabila bayi meninggal keguguran dan sudah tumbuh lengkapmaka bayi itu harus diperlakukan seperti manusia. Berilah dia adat lengkap seperti orang dewasa.
Setelah jenasah dikuburkan sebaiknya semua upacara pesta kembali kerumah berkabung dengan cara pantas sesudah itu pulang kerumah masing-masing.

Tentang adat padi
Menjelang tanah persemaian bibit akan dipersiapkan, saudara jangan menyelanggarakan kurban untuk dewa-dewa dan jangan mohon kesuburan kepada roh-roh.
Kalau padi mulai bunting jangan takut menyentuh telur atau makan inti kelapa. Padi orang Kristen bebas dari segala pantangan, jangan menggunakan indo’ padang (ahli penyelenggara upacara untuk padi ) karena Tuhan pemilik dunia.
Apabila penyakit menyerang padi atau tanaman lain atau keluarga saudara, janganlah mempersembahkan kurban kepada dewa-dewa.
Ketika memotong padi membawa padi kerumah atau ketika memasukkannnya kedalam lumbung, jangan menyatakan syukurmu dengan cara memberi kurban kepada dewa-dewa. Melainkan bersyukurlah kepada Tuhan.
Sesudah panen baiklah jemaat menyelenggarakan kebaktian pengucapan syukur dan undanglah kerabat-kerabat dan sahabat-sahabat demikian juga jemaat yang berdekatan.

Menahbiskan rumah
Apabila rumah selesai dibangun atau rumah tua yang selesai dipugar dan saudara tergolong kerabat, orang Kristen diperbolehkan memotong babi pada pesta penahbisan, tetapi tidak boleh mempersembahkan kurban kepada dewa-dewa dan roh-roh leluhur. Apabila pemiliknya orang Kristen seharusnya zendeling atau guru diundang untuk berdoa memohon rahmat Tuhan.
Tetapi jangan menyampaikan kurban kepada ampu padang tetapi hanya kepada Tuhan

Pesta-pesta lain
Pada pesta orang kafir seperti merauk, ma’parekke para, masura’tallang, sangat banyak babi yang dipotong dan kurban disampaikan kepada dewata. Ketiga jenis pesta tersebut tidak dapat dirayakan oleh orang Kristen atau dihadiri. Karena penyembahan berhala semata. Tetapi apabila saudara hendak berpesta hendaklah saudara melaksanakan pada pesta kita sendiri sebagai orang Kristen.

Pesta-pesta mabate, ma’bugi’ dan maro
Pesta-pesta tersebut mutlak harus dibuang oleh orang-orang Kristen, karena sama sekali bertentangan dengan kemauan Tuhan yang suci. Pada upacara mabate orang meninggikan derajat orang mati mereka menjadi dewa. Dengan upacara ma’bugi’ dan maro orang kafir percaya bisa memperoleh kesehatan dan tenaga hidup untuknya dirinya. Dengan melakukan tari-tarian liar dengan ilmu gaib serta siksaan berasal dari iblis.

Perkawinan
Sebagai orang Kristen sebaiknya mengambil istri diam-diam tanpa setahu gurumu penatua dan panditamu. Apabila kawin janganlah segan karena perkawinan itu terhormat dan kudus. Suami-suami janganlah ceraikan istrimu dan jangan tinggalkan suamimu karena itu dosa besar.
Saudara boleh mengawini seorang kafir asalkan dia berjanji masuk Kristen. Si perusak perkawinan seharusnya diadukan kepada pejabat.
Tidak boleh kawin muda kalau belum bisa mencari nafkah.
Orang Kristen yang memiliki istri dua lebih baik menceraikan salah satu istrinya.

Berpacu dengan agama islam
Kesulitan sangat kami alami meningkatkan kegiatan dan usaha merebut jiwa orang kafir. Kalau menjadi Kristen menjadi orang belanda. propaganda orang belanda dilakukan dengan insentif dan orang toraja banyak menjadi Kristen dan itu perlu disukuri. Sayangnya propaganda islam sangat berhasil di bua kira-kira 200 orang kafir pindah keagama islam dalam bulan puasa.
Tetapi walaupun pihak islam melakukan propaganda yang intensif didaerah swapraja yang islam padahal kepala kampungnya Kristen.persoalan ini diajukan keoada pemerintah yang mengumumkan keopada penduduk bahwa tidak ada orang dipaksa mengenai agama pada saat itu berakhirlah perpindahan ke agama islam pada konferensi para zendeling ditempatkanlah para guru injil ditempat tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar